Kepercayaan Masyarakat Korea Selatan [ 대한민국 ]

Setelah kemarin aku post tentang ‘Sejarah Korea [ 대한민국 ]’ sekarang aku akan memberikan post tentang kepercayaan masyarakat Korea  Selatan😀

Kepercayaan adalah suatu sikap yang ditunjukan oleh manusia saat ia merasa cukup tahu dan menyimpulkan bahwa dirinya sudah mencapai kebenaran, meski kita tidak selalu tahu kalau kepercayaan itu ada atau tidak. Kepercayaan di Korea selatan dipengaruhi berbagai agama, pemikiran dan kepercayaan selama ribuan tahun.

Faktor-faktor yang paling kuat yang telah membentuk pikiran dan kehidupan bangsa Korea adalah sebagai berikut :

1. Shamanisme yaitu, kepercayaan asli rakyat Korea yang menggabungkan berbagai kepercayaan dan praktik yang dipengaruhi agama asli Korea, agama Buddha dan Taoisme. Dalam bahasa Korea, shamanisme disebut mu [ 무 ] dan sang pemraktik disebut mudang [ 무당 (Korea) ; 巫堂 (China) ].

2.  Buddhisme yaitu, budaya yang dikembangkan oleh raja-raja dahulu dan masyarakat luas sejak Dinasti Joseon lama. Kebudayaan ini dikembangkan dan membuat kerajaan-kerajaan dahulu berkembang pesat. Dengan budaya Buddhisme maka kesenian, ilmu pengetahuan dan teknologi memperkaya kebudayaan di Korea.

3. Konfusianisme yaitu, bentuk dari konfusianisme yang berkembang di Korea yang telah memengaruhi sejarah intelektual dan pemikiran tradisional orang Korea modern. Paham konfusianisme yaitu sebagai pembentuk sistem moral, pola kehidupan dan hubungan sosial antar-generasi masyarakat Korea.

4. Taoisme telah dikenal sejak jama dahulu, tetapi kebudayaan ini kini sudah kurang berkembang di Korea Selatan.

Namun, jika berbicara tentang agama di Korea Selatan penelitian di tahun 2007 mencatat, 46,5% tidak menganut agama apapun (Atheis). Sementara itu, 22,8% menganut agama Buddha, 29,2% menganut agama Kristen sedangkan 1,7% menganut agama lainya.

Di Korea Selatan, ada beberapa tradisi yang masih dilakukan oleh sebagian orang, terutama hari-hari besar di Korea Selatan. Misalnya cheongcham dan jeongjo charye.

Bagi masyarakat Korea Selatan angka 5 adalah angka yang positif, baik dan maskulin. tanggal 5 bulan ke-5 dipercaya membawa hal-hal positif dan diyakini bahwa aktifitas angkasa berada pada puncaknya, maka diadakan festival Dano / Surial.

Korea memiliki kalender tradisional tahunan tersendiri (Check : http://id.wikipedia.org/wiki/Kalender_Korea) dan juga hari-hari besar Korea (Check : http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_libur_di_Korea_Selatan)

Yap!😀 Sekian post tentang kepercayaan di Korea Selatan. Ada tambahan? Silahkan tulis di comment🙂

Don’t forget to give your comment, don’t be silent readers please ^^

Cr : Wikipedia and korean chingu book

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s