Sejarah Korea Selatan [ 대한민국 ]

Berbicara tentang Korea Selatan atau biasa disebut Korea [ 대한민국 (Daehanminguk) ], apakah para K-POPERS (Sebutan untuk fans k-pop) atau Korean Chingu [ 한국 친구 (Hangug chingu) ] tau tentang sejarah Korea Selatan sendiri? Bagi yang belum tau, simak post-ku berikut ini😀

Sejarah awal terbentuknya Korea [ 한국 (Hangug) ] terbentuk sejak Dinasti Gojoseon (Joseon lama) pada tahun 2333 SM. Tapi awal abad ke-3, dinasti itu terpecah menjadi beberapa bagian dan dari situ mulai terbentuknya kerajaan-kerajaan hingga negara Korea dijajah oleh Jepang [ 일본 (Ilbon) ; 日本 (Hihon) ].

Negara Korea terlepas dari penjajahan Jepang pada tanggal 15 Agustus 1945, karena Jepang mengalami kekalahan dalam perang dan negara-negara di bawah kekuasaan Jepang mulai melepaskan diri. Begitupun Korea . Setelah Merdeka, Korea membentuk pemerintahan sendiri dengan presiden pertamanya bernama, Lee Seung Man [ 이승만 ].

Tak lama kemudia, pada tahun 1950-1953 terjadi perang saudara antara Korea bagian utara dan Korea bagian selatan, namun pada akhirnya kedua wilayah tersebut sepakat untuk berpisah dengan perbatasan Pan Mun Jom.

Republic of Korea atau disebut Daehanminguk [ 대한민국 (Bahasa korea) ] terletak di Asia Timur, zelatan Semenanjung Korea. Ber ibu kota-kan Seoul [ 서울 ]. Korea Selatan punya bunga nasional yang selalu dibanggakan dan bunga itu bernama Raya Sharoon [ 무 궁 화 (Mu Gung Hwa) ], iklim Korea Selatan  adalah subtropik dengan 4 musim. Lagu kebangsaannya adalah Ae Gug Ga [ 애국가 ], pakaian adat yang sering digunakan oleh acara adat daki Korea Selatan di sebuh Hanbok [ 한복 ] dan taekwondo [ 태권도 ] adalah olahraga nasionalnya.

Korea Selatan merupakan negara dengan tingkat ekonomi yang tinggi dengan peringkat ke-4 di Asia dan ke- 15 di Dunia *WOW* dan disebut sebagai macan Asia. Kemajuan ekonomi ini didukung oleh perusahaan elektronik, kereta, kapal, minyak dan gas, serta robot. Bendera Korea Selatan bernama Taegeukgi yang terdiri dari 3 bagian, yaitu :

1. Latar berwarna putih, yang berarti cahaya, kesucian dan cinta

2. Taegeuk / eum dan yang berwarna merah dan biru, yang berarti kejujuran dan perpaduan antara surga dan manusia yang keduanya tak terpisahkan

3. 4 trigram / gwae di setiap sudut bendera, yang berarti filosofi kedamaian yang direalisasikan lewat perputaran dan perkembangan taegeuk.

Itu dia sejarah tentang Korea Selatan, ada yang maun nambahin? Tulis aja di comment🙂

Don’t forget to give your comment, don’t be silent readers please ^^

Cr : Korean chingu book, wikipedia and some page

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s