12 Hal Menarik Di Korea Selatan

Tanggal 12.12.12 jam 12:12:12 siapa yang ngerasa tanggal sama jam itu special hayooo??? :D Berhubung hari ini lagi banyak yang menggandrungi angka 12, sekarang aku mau post beberapa hal yang terkenal sebanyak 12 yang ada di Korea Selatan :)

~ 12 KUIL TRADISIONAL TERBAIK DI KOREA SELATAN

1. Kuil Manggyeongsa

Kuil Manggyeongsa berletak di gunung Taebaek, di ketinggian 1.460 meter. Legenda menyebutkan, patung batu dari Bodhisattva kebijaksanaan muncul di situs Kuil Manggyeongsa. Ketika Jajang, seorang biarawan dari Dinasti Silla (57 SM-935 M), mendengar hal itu, dia membangun kuil ini untuk mengabadikan patung tersebut. Kuil ini juga memiliki pemandian air panas bernama “The Dragon Spring” letaknya di dekat pintu masuk candi, yang dikenal sebagai pemandian air panas tertinggi di Korea.

2. Kuil Taeansa

Kuil Taeansa berletak dekat gunung lembah Dongli , Desa Gok-Song Haneulnari yang terletak 5 kilometer di lereng bukit. Terlihat sangat indah pada musim gugur ketika hutan lebat yang mengelilingi kuil dengan dedaunan berwarna merah dan kuning. Lokasinya berjarak 2,3 kilometer dari jalan masuk menuju candi. Atraksi wisata lain di sekeliling kuil ini termasuk Menara Neungpa.

3. Kuil Naejangsa

Meskipun Naejangsa dikatakan telah terlebih dahulu didirikan pada tahun 636, sebagian besar bangunan saat ini dibangun setelah Jeongyujeran dan Perang Korea. Keindahan pemandangan sekitarnya, terutama Taman Nasional Naejang yangterkenal karena pemandangan musim gugurnya.

4. Kuil Daejeonsa

Daejeonsa adalah kuil terbesar di Cheongsong-gun dan memiliki pemandangan megah. Gunung Juwang adalah salah satu pemandangan terbaik di negeri ini. bangunan Daejeonsa yang paling terkenal adalah Bogwangjeon.

5. Kuil Cheongpyeongsa

Menurut legenda kuil ini, dulu ada seorang pria mencintai seorang putri sehingga ia berubah menjadi seekor ular dan terus menemani sang Putri. Ketika dia memohon ingin meninggalkan kuil untuk mencari nasi, ular tersebut membiarkannnya pergi tetapi kemudian pergi mencarinya, saat itulah ular tersebut disambar petir dan mati. Sang putri kemudian menguburkannya di kuil. Pengunjung ke candi juga bisa menaiki perahu di danau Soyang dan berjalan kaki di sepanjang lembah yang indah sambil melihat air terjun.

6. Kuil Beopjusa

Dengan lebih dari 60 bangunan dan 70 pertapaan, Beopjusa adalah sebuah kuil besar dan megah sebelum terbakar dalam invasi Jepang ke Korea. Saat ini kuil ini menjadi rumah bagi 30 bangunan dan kekayaan budaya, termasuk pagoda tertinggi yang ada di Korea (pagoda kayu lima lantai setinggi 22,7 meter) yang juga merupakan harta nasional.

7. Kuil Gangcheonsa

1316 menandai tahun yang besar untuk Gangcheonsa, pagoda setinggi lima lantai ditambahkan ke kuil ini. Dikatakan bahwa kuil ini pernah menjadi tempat tinggal 1.000 biksu. Selain aset budaya di kuil, berbagai atraksi wisata lain ada di dekatnya, seperti gunung benteng Geumseong, air terjun Yongso, Danau Gangcheon, Danau Damyang dan Taman Nasional Naejang.

8. Kuil Buseoksa

Buseoksa merupakan salah satu dari 10 kuil terbesar di Korea. Buseoksa juga adalah salah satu bangunan tertua di Korea. Kuil ini sangat populer di kalangan wisatawan Jepang dan Cina.

9. Kuil Cheoneunsa

Salah satu dari 3 kuil terbesar di gunung Jiri, Kuil Cheoneunsa pertama kali dibangun pada tahun 828, dibakar selama Invasi Jepang ke Korea, dibangun kembali pada 1610, dibakar lagi pada 1676, membangun kembali tahun 1678, terbakar sekali lagi pada tahun 1773, dan akhirnya dibangun kembali pada 1775. Legenda mengatakan bahwa saat orang-orang membangun kembali kuil ini setelah tahun 1592, mereka membunuh seekor ular besar yang terus muncul pada pemandian air panas di dekatnya. Penduduk desa percaya bahwa ular itu pasti penjaga kuil ini.

10. Kuil Geumsansa

Pertama dibangun pada tahun 599, Geumsansa Kuil berisi berbagai macam harta berharga Korea, termasuk pagoda batu, lentera batu, dan alas berbentuk bunga teratai.

11. Kuil Golgusa

Kuil ini dibangun di atas gua tebing batu kapur di gunung Hamwol, kuil Golgusa terkenal sebagai tempat di mana sunmudo, seni bela diri Zen dan metode pelatihan yang telah diam-diam turun temurun dipraktekkan. Ada 12 gua kapur besar di kuil ini dan patung Buddha yang diukir pada relief di bagian tertinggi dari permukaan batu.

12. Kuil Hyangilam

Meskipun api membakar sebagian bangunan kuil ini pada tahun 2009, pemandangan pesisir selatan dan Gunung Geumo yang terlihat dari kuil ini tetap terlihat sangat menakjubkan. Jalan dari gunung tersebut ke kuil ini agak sedikit landai, namun tidak menghentikan wisatawan untuk datang melihat kuil ini, dan juga pohon Camellia berusia 500 tahun yang ada di pelatarannya. Kuil ini juga mengadakan festival Matahari Terbit Hyangilam setiap akhir tahun. Setiap tahunnya, kuil ini mendapat kunjungan dari 400 hingga 500 pengunjung.

Setelah berbicara tentang 12 kuil sekarang kita beralih ke 12 tempat wisata… :D

~ 12 TEMPAT WISATA YANG PALING MENARIK DI KOREA SELATAN

1. Pulau Jeju

Siapa yang gak tau tentang pulau Jeju. Pulau yang terletak di ujung semenanjung Korea dan sangat dekat dengan Jepang. Pulau Jeju adalah tempat wisata yang paling terkenal dari Korea Selatan, pulau ini juga sering disebut “Pulau Bali”-nya Korea. Di Pulau ini terdapat Gunung Halla (Gunung tertinggi di Korea Selatan). Pulau Jeju merupakan wilayah yang paling hangat dan pada musim dingin sangat jarang turun salju.

2.  Myeongdong

Adalah sebuah permukiman di kota Seoul yang berlokasi antara Chungmuro, Euljiro, dan Namdaemun-ro. Sebagian besar wilayahnya adalah distrik komersil dan bisnis. Myeongdong adalah salah satu distrik belanja Seoul yang terbesar,  pusat fashion dan kehidupan malam dari anak-anak muda Seoul. Distrik ini mempunyai jalan kota termahal ke-9 di dunia dalam hal sewa floorspace.

3. Lotte World

Terletak di Sincheon-dong, Songpa-gu, Korea Selatan. Lotte World adalah sebuah amusement park terbesar di Korea Selatan yang buka sepanjang tahun. Lotte World terdiri dari kawasan wisata indoor, outdoor, pulau kecil yang terdapat di tengah danau, folk museum, pusat olahraga, bioskop, hotel mewah dan pusat perbelanjaan dalam satu kawasan.

4. Museum Kimchi

Kimchi adalah makanan kebangsaan khas Korea. Museum kimchi merupakan salah satu objek wisata di Korea Selatan yang selalu ramai dikunjungi, musium ini menampilkan macam-macam kimchi dari berbagai daerah, kegunaan kimchi dan keunikan kimchi.

5. Itaewon

Adalah sebuah permukiman yang terletak di distrik Yongsan-gu, kota Seoul, Korea Selatan. Itaewon sangat terkenal bagi kalangan turis. Terdapat banyak restoran mancanegara yang dibuka oleh imigran asing di Itaewon seperti dari India, Thailand, Timur Tengah dan Mexico. Di Itaewon juga terdapat Masjid Pusat Seoul yaitu masjid terbesar di Korea Selatan.

6. National Folk Museum

Adalah sebuah museum yang terletak di halaman Istana Gyeongbok, Seoul, Korea Selatan. Museum ini mengkoleksi sebanyak 2.240 artefak dan alat-alat yang digunakan oleh masyarakat Korea pada masa lalu sampai sekarang. Bangunan museum ini didesain mengikuti arsitektur bangunan-bangunan Kuil Buddha terkenal di Korea.

7. Istana Changdeok

Adalah istana Dinasti Joseon di Seoul. Saat Dinasti Joseon berakhir pada tahun 1910, Istana Changdeok dijadikan aset pemerintah dan dibuka untuk umum, Istana Changdeok dilestarikan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1997.

8. Pulau Ulleung

Pulau ini adalah tempat yang ideal saat berlibur di Korea selatan, tetapi disini kita tidak dapat menemukan taman hiburan atau hotel mewah. Ulleungdo adalah sebuah kota nelayan yang tenang, sehingga berjalan-jalan dikawasan ini sangan tenang dan relax.

9. Shincheon Fashion Street

Terletak antara 3 Uneversitas bergengsi di Korea Selatan, tak salah jika tempat ini ramai siang malam oleh para siswa-siswi untuk berbelanja atau pergi ke kedai kopi bersama teman.

10. Nami Island

Pulau ini sangat indah, untuk menyeberang ke Nami Island, kita naik boat besar yang dikelilingi bendera semua negara di dunia. Sampai di Nami Island ada gerbang dan berbagai pemandangan yang sangat istimewa, banyak patung, air mancur bahkan bisa sepedaan disini.

11.  Museum Teddy Bear

Pertama kali dibuka tanggal 24 April 2001 di kompleks wisata Jungmun. Museum ini dibagi menjadi tiga bagian, yang terdiri dari Art Hall, History Hall dan Project Exhibition Hall. di salah satu bagian dari museum ini menampilkan boneka beruang terkecil di dunia panjangnya 4,5 mm. Museum ini selain menjadi tempat favorit wisata, ternyata lebih ditujukan untuk para kolektor dari Eropa.

12. Pasar Loak Hwanghak-dong

Pasar ini menjual barang-barang loak, berbagai macam antik dan unik yang terbesar kurang lebih 500 toko kecil.

Kalau sudah dari tempat wisata pasti pada laper kan? Sekarang beralih ke 12 makanan terlezat :)

~ 12 Makanan Terlezat di Korea Selatan

1. Kimchi

Adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap asin, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

2. Bibimbap

Adalah masakan Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang. Bibimbap dengan nama Indonesia adalah nasi campur xD

3. Kimbap

Adalah jenis makanan Korea yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Kimbap populer sebagai makanan yang dibawa piknik, hinking atau aktivitas lain di luar ruangan.

4. Bulgogi

Adalah masakan daging asal Korea. Daging yang digunakan antara lain daging sirloin atau bagian daging sapi yang bagus. Bumbu bulgogi adalah campuran kecap asin dan gula ditambah bumbu lain bergantung pada resep dan daerahnya di Korea. Sebelum dimakan, daun selada digunakan untuk membungkus bulgogi bersama kimchi, bawang putih, atau penyedap lain sesuai selera.

5. Miyeokguk

Adalah sup rumput laut. Kuah terbuat dari kaldu tulang sapi dan kecap. Menurut tradisi, orang Korea menyajikan sup rumput laut kepada ibu yang baru melahirkan. Makan sup miyeok juga dilakukan pada hari ulang tahun.

6. Japchae

Adalah makanan Korea berupa sohun (dang myeon) yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi. Makanan ini termasuk salah satu banchan, dan dimakan sebagai lauk, terutama dalam pesta dan kesempatan khusus. Sayuran yang digunakan biasanya sayuran yang sedang musim.

7. Ddeokbokki

Adalah penganan Korea berupa tteok dari tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tteok yang dipakai berbentuk batang atau silinder. Penganan ini merupakan makanan rakyat yang banyak dijual di pojangmacha.

8. Yangnyeom Tongdak

Adalah masakan Korea yang terbuat dari daging ayam yang dibalut saus manis bercampur pedas.

9. Dakjuk

Adalah masakan Korea yang terbuat dari daging ayam yang direbus dalam air dan dicampur dengan putih dan bawang merah, kemudia ditambahkan nasi dan dimasak sampai dagingnya matang.

10. Heoddeok

Adalah makanan sejenis pancake dan sangat disenangi oleh anak-anak di Korea Selatan.

11. Soondubu Jiggae

Adalah masakan Korea berupa rebusan. lebih kental dari sup tapi lebih encer dari bubur.

12. Seonglleongtang

Adalah masakan Korea berupa sup, biasa dimakan saat sarapan atau makan malam. Sup ini sangat banyak peminatnya karena rasanya yang lezat.

Kuil, tempat wisata dan makanan hal yang terkenal dari Korea bukan? Sekian post dariku…

ada lagi tambahan hal menarik di Korea Selatan, comment aja :)

Don’t forget to give your comment

Don’e be silent readers ^^

Cr : Wikipedia, some page adn picts from google

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s